Minggu, 05 Februari 2012

Sang Pengendara Motor Dermawan

     Di tengah perjalanan Jogja-Tegal yang kulewati, datang dari belakang dengan kecepatan tinggi seseorang mengendarai kendaraan roda dua seperti aku. Seakan musuh bebuyutan dalam turnamen motor GP, kami saling mendahului satu sama lain. Menyusuri jalanan yang rusak dan berlubang dengan kecepatan tinggi, pengendara motor tersebut yang sekarang ada di depanku mengerem secara mendadak dan meme;ankan laju kendaraan bermotornya. Bukan karena ada razia polisi, motornya rusak, atau yang lainnya, pengendara motor yang tak kukenal namanya tersebut memelankan laju motornya karena tepat di depannya ada beberapa orang baris berdiri berjejer di tengah jalan untuk meminta sumbangan. Bukan karena tak mampu makan, atau tak mereka meminta sumbangan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, mereka berdiri berjajar di tengah jalan untuk mengharapkan uluran tangan para pemakai jalan untuk membantu pekerjaan mereka mendirikan masjid yang belum selesai.
     Kembali ke cerita si pengendara motor tadi, si pengendara motor tadi memelankan kendaraannya lalu mengeluarkan beberapa uang untuk disumbangkan ke orang-orang yang di tengah jalan tadi yang sedang berharap mendapat uluran tangan untuk penyelesaian pembangunan masjid.
     Kurang lebih satu kilometer setelah peristiwa itu, aku dan si pengendara motor tadi kembali memacu kencang sepeda motor masing-masing. Kembali dia mendahului aku, bahkan sangkin kencangnya dia ambil arah kanan dan berusaha menyalip bus masih dalam kecepatan tinggi. Tiba-tiba dia terkejut lalu oleng, dia tak bisa mengendalikan kendaraannya lagi setelah motornya tiba-tiba melewati lubang-lubang lebar di jalan yang tak terlihat karena tergenang air. Si pengendara itu oleng dan langsung terjatuh, badannya berguling-guling di tanah, bus yang sedianya akan disalipnya terus saja memacu kencang kendaraannya, tak ada 1 meter jarang roda bus dengan tubuh pengendara motor yang jatuh tadi, bergeser satu meter lagi saja bakal lain ceritanya. Setelah terjatuh, dengan dibantu aku si pengendara motor itu bangkit lagi dan kembali meneruskan perjalanan.
     Luar Biasa manfaat bersedekah, bisa menghindarkan atau mengurangi musibah atau hal-hal buruk yang sedianya akan terjadi. Subhanallah!

0 komentar: