Selasa, 28 Oktober 2014

LEGENDA STANA KEMPOL


Ditengah perkebunan salak, terdapat sebuah bangunan. Bangunan itu terlihat tua meskipun sepertinya cukup terawat dengan baik. Latar menuju bangunan tersebut dibuat semacam jalan setapak yang terbuat dari batu-batu seadanya yang terdapat disekitar situ dan tertata rapi.
Stana Kempol, begitu warga sekitar biasa menyebutnya. Berlokasi di Dusun Dirun Desa Singamerta Kecamatan Sigaluh, konon Stana Kempol merupakan nama bangunan sebuah makam.  Makam ini diyakini bukan sembarang makam. Makam ini cuma ada satu-satunya disekitar situ, tidak ada makam yang lain seperti makam-makam pada umumnya.
Menurut salah seorang warga sekitar bernama bapak Martono, konon Stana Kempol merupakan makam seorang Ronggeng yang sangat cantik jelita dan menjadi idaman para pria. Sangking cantiknya, sang ronggeng menjadi rebutan para pria dari berbagai daerah.
Kegilaan dan rasa ingin memiliki akan sang ronggeng membuatnya mati dibunuh dan bagian tubuhnya diperebutkan. Dan salah satu bagian tubuh yang dimakamkan di Stana Kempol ini adalah bagian tubuh paha atau dalam bahasa Jawa kempol. Itulah mengapa tempat ini dinamakan Stana Kempol.
Stana Kempol ini dikeramatkan oleh warga sekitar. Warga sekitar selalu melaksanakan ziarah ke tempat ini setiap sebelum melakukan hajatan, seperti sunatan dan pernikahan. (Amin)

0 komentar: