Jumat, 01 November 2013

Gol Hantu Kiessling dan Formalitas Wasit

goal.com
Meski mungkin sudah tidak hangat lagi, tapi berita mengenai gol hantu yang diciptakan Kiessling saat Bayer Leverkusen mengalahkan Hoffenheim masih saja menarik untuk diperbincangkan. Perbincangan menarik selanjutnya yaitu mungkinkah pertandingan tersebut diulang, karena pihak Hoffenheim merasa sangat dirugikan atas terjadinya gol tersebut.
Jika melihat dari sisi wasit, harusnya gol-gol semacam ini bisa dicegah. Kita semua tahu, semua wasit sebelum kick off tanda pertandingan dimulai, pasti terlebih dahulu mengecek kondisi gawang beserta jaringnya. Seolah ingin benar-benar mengeceknya, bahkan banyak wasit yang sampai menggoyang-goyangkan jaring gawang untuk memastikan gawang tersebut dalam kondisi oke dan siap digunakan.
Begitu juga saat pertandingan Leverkusen vs Hoffenheim. Sesaat sebelum kick off, sang asisten wasit ternyata juga sudah mengecek kondisi jaring gawang bahkan dengan menggoyang-goyangkannya. Tapi tidak tahu kenapa jaring gawang yang berlobang luput dari pengamatannya.
Dari sini kita bisa belajar bahwa suatu pekerjaan apapun itu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan cermat, tidak hanya asal kerja dan asal jadi. Suatu pekerjaan jangan dikerjakan sebatas formalitas yang penting sudah dikerjakan. Banyak sekali didunia ini apalagi di Indonesia yang sesuatunya hanya dikerjakan atas dasar formalitas saja, seperti tes wawancara kerja, tes kesehatan, bekerja, belajar, rapat-rapat anggota dewan, bahkan sekolahpun ada yang hanya formalitas saja hanya demi meraih ijazah.


Sesuatu yang hanya dikerjakan atas dasar formalitas saja akan terlihat kejelekannya ketika terjadi masalah atas pekerjaan tersebut. Tentu kita tidak mau ketika kita hanya bisa menyesali tindakan formalitas yang kita lakukan setelah terjadi masalah. Ada pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, begitu juga sesuatu pekerjaan lebih baik dikerjakan dengan sungguh-sungguh daripada hanya sekedar formalitas saja yang justru nantinya dapat menimbulkan kesusahan.

0 komentar: