Rabu, 09 September 2015

MITOS WATU SILEMBU

Watu Silembu sebagian terpendam tanah
Watu Silembu, begitu warga sekitar menyebutnya. Watu Silembu ini lokasinya ada di Desa Karangjambe Kecamatan Wanadadi. Batu ini berbentuk persegi panjang agak lonjong dengan bagian tengah yang agak cekung ke dalam. Sebagian dari batu ini sudah terpendam tanah dan diatasnya ditumbuhi pohon bambu, sementara sebagian lagi masih terlihat dan muncul dipermukaan.
Ada mitos yang berlaku terhadap batu ini. Konon, kalau batu ini diangkat atau dipindahkan, tanah yang ada disekitarnya akan longsor.


Berdasarkan cerita yang beredar dimasyarakat sekitar, disekitar lokasi ditemukannya watu silembu ini dulunya berdiri sebuah kadipaten bernama Kadipaten Silawareng. Salah satu raja yang berkuasa di Kadipaten Silawareng ini mempunyai peliharaan berupa binatang Sapi atau yang dalam bahasa Jawa bernama Lembu. Dan Watu Silembu ini konon dulunya dijadikan tempat minum untuk para sapi atau lembu yang jumlahnya lumayan banyak itu, maka dari itu, batu tersebut dinamakan Watu Silembu. (Amin)

2 komentar:

Asef Nofianto mengatakan...

blog yg sangat bagus.. mengulas sejarah masa silam. Saya sebagai warga banjarnegara malah kurang mengenal sejarah dan situs2 kuno.
karangjambe itu asal mbah2 saya.

Salam..

Asef

Fatkhul Amin mengatakan...

terima kasih mas @Asef Nofianto,,,
mohon masukannya untuk saya, krn saya sendiri warga pendatang di Banjarnegara