Rabu, 08 April 2015

Festival Serayu Akan Kembali Digelar

Maskot Festival Serayu 2015
Setelah sukses diselenggarakan pada 2013 yang lalu , tahun ini, untuk kedua kalinya, perhelatan akbar Festival Serayu Banjarnegara akan kembali digelar. Mengusung tema “Merawat Serayu, Merawat Peradaban”, Festival Serayu tahun ini rencananya akan dilaksanakan pada 26-30 Agustus 2015.
Seperti pada tahun 2013 lalu, Festival Serayu tahun ini juga akan menampilkan kesemarakan berbagai mata event yang diharapkan mampu mengundang wisatawan untuk datang ke Banjarnegara. Beberapa kegiatan utama yang tahun sebelumnya mampu menyedot antusiasme masyarakat, akan kembali digelar seperti Serayu Expo. Seperti tahun lalu, Serayu Expo akan menggelar pameran gelar produksi usaha mikro kecil menengah, produk pertanian, perikanan, serta peternakan milik masyarakat Banjarnegara. Serayu Expo ini akan digelar pada 26-29 Agustus 2015.
Pesta Parak Iwak juga akan kembali digelar tepatnya pada 30 Agustus 2015. Pesta parak iwak merupakan pengejawantahan kesadaran masyarakat di sekitar sungai serayu, khususnya masyarakat Banjarnegara yang telah merasakan betapa besarnya peran sungai serayu sebagai nadi hidup dan berkembangnya cipta, rasa, dan karsa masyarakat Banjarnegara dalam kemajuan baik secara ekonomi, social, dan budaya. Perwujudan dari kesadaran masyarakat Banjarnegara ini adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME untuk merawat dan melestarikan sungai serayu.
Perwujudan ungkapan rasa syukur ini dilakukan dengan diawali prosesi pengambilan √úlam Sari Tirta Nyawiji dari telaga-telaga di Dataran Tinggi Dieng yaitu Telaga Balekambang, Telaga Merdada, Telaga Sewiwi, Telaga Pengilon, Telaga Warna, Telaga Cebong, serta Sendang Sedayu. Ulam Sari Tirta Nyawiji tersebut selanjutnya ditempatkan di bokor ‘Tumus Pandeleng Ing Manah”yang kemudian disebar di Sungai Serayu.
Keramaian Parak Iwak Tahun 2013
Tidak hanya Serayu Expo dan Parak Iwak saja event utama yang kembali digelar, Parade Budaya juga akan kembali digelar. Parade Budaya ini akan menampilkan kesenian-kesenian tradisional pilihan khas masing-masing kecamatan yang ada di Banjarnegara. Kegiatan ini akan berlangsung malam hari pada tanggal 29 Agustus 2015.

Selain berbagai event utama diatas, berbagai event pendukung yang akan semakin menyemarakan event utama diatas juga tetap akan digelar seperti Banjar Banjir Dawet, Lomba Fotografi, serta Banjarnegara Bersholawat.
Satu yang baru dari Festival Serayu Banjarnegara 2015 ini yaitu dengan akan dilaksanakannya event Kongres Sungai Indonesia yang akan berlangsung pada 29 Agustus 2015. Sesuai dengan tema besar Festival Serayu Banjarnegara yaitu “Merawat Sungai, Merawat Peradaban”, kongres sungai ini juga akan mengangkat tema yang sama. Tema ini diambil dengan tujuan mengajak semua warga masyarakat untuk merawat sungai yang telah memberikan kehidupan dan mewarnai budaya masyarakat Bangsa Indonesia. Rencananya, agar menghasilkan buah pemikiran untuk kebaikan sungai dimasa mendatang, kongres sungai ini akan dihadiri para pemangku sungai-sungai besar di Indonesia, untuk duduk bersama membahas ide memelihara dan menyelamatkan sungai-sungai di Indonesia. (Amin)

Sumber dari www.kompasiana.com

0 komentar: