Senin, 30 Maret 2015

LEGENDA ARSA MOLAH

Petak Tanah yang Dinamakan Arsa Molah
Di desa Kaliwinasuh tepatnya di dusun Kaliwinasuh terdapat suatu lokasi yang dikeramatkan warga. Lokasinya ada ditengah-tengah perkampungan warga, tepatnya disebuah kebun. Di lokasi tersebut tidak terdapat apapun, hanya ada tanah lapang yang ditumbuhi beberapa tanaman biasa dan berukuran kurang lebih 3x4 meter.
Konon tempat tersebut sering digunakan warga untuk bertapa sebagai lantaran memohon hajat kepada Tuhan YME. Kebanyakan dari para pertapa adalah memohon untuk dimudahkannya panen sawah yang dikerjakannya.
Menurut penuturan Ki Kuswadi yang kebetulan rumahnya tepat berada di samping lokasi yang dikeramatkan tersebut, tempat itu diberi nama Arsa Molah. Tidak ada sumber tertulis tentang penamaan Arsa Molah tersebut, yang ada hanya cerita dari mulut ke mulut secara turun temurun.
Alkisah dulunya ditempat tersebut bertapalah seorang petani dari daerah Purwasaba yang bernama Ki Arsa. Ki Arsa bertapa ditempat tersebut dalam rangka memohon panen yang banyak. Namun setelah beberapa lama bertapa, Ki Arsa hilang bak ditelan bumi, tak ada seorang pun yang tahu keberadaanya. Beberapa orang menganggapnya Ki Arsa hilang tertelan bumi.
Dari kisah tersebut, akhirnya sampai sekarang tempat tersebut sering dijadikan pertapapan orang dalam rangka memohon dilancarkan panennya. (Amin)

0 komentar: