Rabu, 11 Maret 2015

PINATA TINATA

Kondisi Sumur Pinata Tinata Memprihatinkan
Pinata Tinata adalah nama sebuah sumur tua yang dikramatkan warga. Lokasinya ada di Dusun Buaran Desa Kaliwinasuh Kecamatan Purwareja-Klampok. Menurut cerita warga sekitar, dulunya sumur Pinata Tinata sangat terkenal karena mempunyai sumber air yang bersih dan jernih. Bahkan disaat musim kemaraupun sumber air di sumur tersebut tidak pernah berkurang. Tidak ditemukan sumber tertulis tentang penamaan sumur Pinata Tinata tersebut, warga sekitar hanya tahu dari mulut ke mulut bahwa lokasi tempat sumur tersebut dinamakan sumur Pinata Tinata.
Menurut warga sekitar lagi, orang dulu percaya bahwa sumur Pinata Tinata adalah salah satu dari 7 sumur yang airnya dijadikan syarat kekebelan seorang pemain ebeg / kuda lumping. Jadi ada kepercayaan diantara para pemain kuda lumping, bahwa untuk mendapatkan kekuatan atau kekebalan tubuh, seseorang pemain kuda lumping harus mandi di 7 sumur kramat yang salah satu diantaranya adalah sumur Pinata Tinata tersebut. Atas dasar kepercayaan tersebut, dulu sering dijumpai orang dari luar desa bahkan ada yang dari luar kota datang ke sumur Pinata Tinata untuk mandi bahkan sampai ada yang menginap untuk bertapa dengan mengharapkan kekuatan yang lebih banyak lagi.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, kepercayaan tersebut mulai luntur. Warga mulai meninggalkan sumur Pinata Tinata tersebut. Hasilnya kondisi sumur tersebut sekarang sudah sangat tidak terawat. Bahkan sebuah bangunan yang terbuat dari kayu beratapkan seng yang dulunya berdiri untuk menutupi sumur tersebut, sekarang kondisinya rusak parah akalu tidak mau dikatakan hancur.
Tidak hanya bangunan pelindungnya saja yang rusak parah, kondisi airnya pun sudah tidak sejernih dulu. Sumber air di smur tersebut sudah bercampur dengan pembuangan air milik warga.

Hasil wawancara dengan warga, beberapa dari mereka berharap sumur tersebut bisa dikembalikan seperti keadaan sedia kala. Meskipun sudah tidak menjadi tempay yang dikeramatkan, setidaknya sumur tersebut bisa dijadikan kamar mandi umum untuk warga sekitar. (Amin)

0 komentar: