Jumat, 02 Oktober 2015

EKS KAWEDANAN PURWAREJA-KLAMPOK

Pendapa Eks Kantor Kawedanan
Di masa kolonial, sistem pemerintahan daerah tidaklah seperti sekarang ini. Dalam model pemerintahan Kolonial, terdapat model Kawedanan. Pemangku wilayahnya disebut Wedana. Kawedanan ini strukturnya di bawah Kabupaten, dan diatas Kecamatan. Seperti semacam kumpulan KecamatanBentuk pemerintahan Kawedanan ini pernah ada di Kabupaten Banjarnegara. Bekas Kawedanan tersebut salah satunya adalah Kawedanan Purwareja-Klampok.
Nama Purwareja-Klampok sekarang menjadi nama salah satu kecamatan di Kabupaten Banjarnegara. Letaknya berada di bagian barat, tepat berada di jalan raya penguhubung Banyumas-Banjarnegara.
Banyak bangunan peninggalan kolonial di Kecamatan ini. Menurut sejarah yang didapat dari berbagai sumber, Purwareja-Klampok dulunya merupakan kota yang sibuk dan ramai. Salah satu bukti keramaian wilayah ini, dulu pernah berdiri sebuah pabrik gula, namun sekarang pabrik gula tersebut sudah mati.

Struktur tiang pendapa
Salah satu saksi bisu pernah berdirinya Kawedanan Purwareja-Klampok yaitu sebuah bangunan eks kantor kawedanan. Untuk menuju lokasi bekas bangunan kantor Kawedanan ini, Anda tinggal menyusuri saja jalan raya Banjarnegara-Banyumas. Sesampainya di pertigaan depan pasar Purwareja-Klampok, ambil arah ke barat. Menyusuri jalan ke arah barat sampai pertigaan pertama lalu belok ke selatan, disitulah lokasinya.

Bekas bangunan kantor kawedanan masih berdiri megah, meskipun sudah tidak terawat. Saat ini bekas kantor kawedanan tersebut, sehari-harinya digunakan sebagai tempat Kelompok Bermain (KB/PAUD). (Amin)

4 komentar:

ndayeng mengatakan...

Td denger di radio SB, ktnya eks kntr kawedanan ini akn sgra direnovasi..mknya saya lngsng buru2 googling krna pnsran

Fatkhul Amin mengatakan...

@ndayeng pada dasarnya direnovasi tidak apa2, asal ada batasanya tidak boleh merubah bentuk aslinya,,,karena jika malah merusak atau menghancurkan bisa kena pasal UU Cagar Budaya

rhe2im0et mengatakan...

mohon infonya pak, sy mau ziarah ke makam leluhur saya, di purworejo klampok, beliau bekas wedana distrik purworejo klampok namanya R.Ranoedipuro. saya bingung mau nyari makamnya dmn?ada yg bisa membantu?

Fatkhul Amin mengatakan...

@rhe2imoet di komplek makam warga utama 1 pekiringan klampok bnyk makam eks wedana, coba dicari disitu saja, juru kuncinya rumahnya disekitar situ