Senin, 24 Maret 2014

Bule : Orang Indonesia Ramah dan Suka Senyum

Alkisah, tibalah seorang turis untuk pertama kalinya di Indonesia. Berhubung baru pertama dan belum bisa bahasa Indonesia, bule tersebut menyewa seorang guide untuk menemaninya berlibur di Indonesia.
Singkat waktu, sudah kurang lebih seharian penuh sang bule keliling kota dan tempat wisata untuk berlibur. Dan sekarang waktunya kembali ke hotel dan beristirahat.
Saat hendak perjalanan menuju hotel, sang guide menanyai sang bule tentang kesan-kesannya seharian keliling salah satu kota besar di Indonesia ini.
Ditanya seperti itu sang bule menjawabnya dengan antusias tanda puas. Sang bule melanjutkan bahwa apa yang dia temui disini sesuai dengan apa yang dibicarakan teman-teman di negaranya tentang Indonesia.
“oh iya? Apa itu?” tanya sang guide penasaran.
Bule itu menjelaskan bahwa dia mendengar dari teman-temannya kalau orang indonesia itu ramah-ramah dan murah senyum, dan ketika bule itu datang ke Indonesia, ternyata memang benar begitu adanya.
Mendengar cerita tersebut sang guide bingung. Sang guide bingung lantaran seharian ini bule tersebut sama sekali tidak berinteraksi langsung dengan orang Indonesia, kecuali dirinya. Sang bule lebih banyak asik dengan sendirinya dalam menikmati liburannya di Indonesia.
“lho, tuan kok bisa berpendapat seperti itu dari mana?” tanya sang guide lagi semakin penasaran, sepenasaran orang yang membaca, hehe.
Dengan lantang sang bule menerangkan, bahwa tak perlulah berinteraksi dengan warga Indonesia untuk tahu kalau mereka ramah dan murah senyum. Sang bule itu menceritakan bahwa dia tahu itu hanya dari melihat foto-foto mereka yang terpampang hampir di semua pinggir jalan.
“saya banyak melihat dimana-mana di sepanjang jalan terpampang foto-foto orang sedang senyum!” jelas sang bule.
Sang bule menambahkan, betapa bahagianya orang Indonesia, dimana-mana foto orang senyum dipajang dipinggir jalan.
Mendengar cerita itu sang guide hanya tersenyum tapi masih tertahankan, dan ketika sampai rumah senyumnya menjadi tawa terbahak-bahak.

Menjelang pemilu memang banyak wajah senyum terpampang dipinggir jalan, semoga saja ketika terpilih, senyum itu bisa mereka tularkan ke masyarakat pemilihnya, sehingga seperti yang dikatakan bule tadi benar, bahwa orang Indonesia adalah orang yang ramah, murah senyum, ditambah selalu bahagia. (Amin)

0 komentar: