Selasa, 10 November 2015

ADIPATI URANG JAYA MERDEN

Cungkup Makam Adipati Urang Jaya
Koordinat : 7°28'22.9"S 109°32'35.3"E
Di Desa Merden terdapat jalan bernama Urang Jaya. Karang taruna pemuda Merden juga dinamakan Urang Jaya. Stadion atau lapangan sepakbola yang ada di desa Merden juga bernama Urang Jaya, lantas siapakah Urang Jaya?
Menurut cerita warga sekitar, Urang Jaya atau Adipati Urang Jaya dahulu merupakan tokoh berpengaruh di Merden. Makamnya dikeramatkan. Lokasi makamnya berada di pasar Merden ke selatan, sebelum sampai turunan yang kanan kirinya makam, belok ke timur masuk gank kecil. Masuk terus mengikuti gank kecil tersebut sampai mentok, lalu jalan kaki menuju kea rah sungai, lokasi makamnya ada di tepi sungai.


Pintu masuk makam
Makam tersebut berada di wilayah Pekunden RW VI. Setiap senin legi dan kamis lage, makam tersebut ramai dikunjungi peziarah. Yang menarik, masyarakat yang berziarah kebanyakan berasal dari luar daerah Merden. Bermacam-macam alas an mereka berziarah ke makam Urang Jaya, ada yang hanya ingin menyepi, ada yang punya keinginan mengharap berkah, dan lain sebagainya tiap masing-masing peziarah biasanya punya hajat masing-masing yang berbeda-beda. Namun tetap, tidak semuanya terkabulkan, karena walau bagaimanapun semua tetap dikembalikan kepada Tuhan YME.

Untuk mengabadikannya, nama Urang Jaya di pakai sebagai nama Karang Taruna, nama salah satu jalan utama dan nama stadion atau lapangan sepakbola di desa Merden. (Amin)

0 komentar: