Sabtu, 14 November 2015

PENAMAAN SUNGAI SERAYU

Salah satu view Sungai Serayu
Sungai Serayu adalah salah satu sungai terbesar yang mengalir di sepanjang Kabupaten Banjarnegara. Hulunya berada di pegunungan Dieng, sementara hilirnya ada di laut selatan Kabupaten Cilacap. Menurut penuturan dari sebagian masyarakat, bahwa nama Serayu diberikan oleh Sunan Kalijaga. Sebagai seorang Sunan yang memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan ajaran agama Islam di Tanah Jawa, Sunan Kalijaga sering menghabiskan waktunya untuk melakukan pengembaraan, dan tinggal dari tempat satu ke tempat lainnya tidak lain dan tidak bukan untuk menyebarkan agama islam.
Suatu ketika sampailah Sunan Kalijaga pada sebuah sungai dengan arus yang ders dan curam. Ketika itu perjalanannya terpaksa berhenti dan beristirahat. Disaat sedang beristirahat, Sunan Kalijaga menyaksikan kepala perempuan berwajah cantik yang muncul tiba-tiba di tengah permukaan sungai.


Dari peristiwa yang dilihatnya tersebut, Sunan Kalijaga kemudian menamakan sungai itu sebagai Sungai Serayu. Kata serayu berasal dari dua kata bahasa Jawa, yakni sira (Anda) atau sirah (kepala) dan ayu (cantik) yang menggambarkan apa yang pernah dilihat oleh Sunan Kalijaga di sungai tersebut. Dengan demikian nama Serayu memiliki makna ‘Anda yang berparas cantik’ atau ‘kepala dengan wajah yang cantik’. (Amin)

0 komentar: