Sabtu, 22 November 2008

TAHU ACI

Tahu aci biasa dikenal juga dengan sebutan tahu Slawi, tahu yang berasal dari Slawi-Kabupaten Tegal. Tapi orang Slawi sendiri tak ada yang memproduksi tahu, penjualnya pun jarang ditemui. Tahu ini diproduksi di daerah Banjaran-Adiwerna.

Tahu aci merupakan makanan berbahan dasar tahu kuning, yang ditambahkan adonan aci (kanji) yang telah dibumbui dan ditambah sedikit irisan daun kucai. Yang khas, tahu aci rasanya gurih. Uniknya, tahu aci dibuat dari tahu kuning persegi dengan sisi sekitar 7 cm, kemudian dipotong secara diagonal membentuk segitiga sama kaki. Bekas potongan tadi, ditempeli aci hingga penuh, kemudian digoreng dengan minyak goreng panas yang banyak, sehingga tahunya matang di semua sisi.

Tahu aci itu konvensionalnya, sekarang sudah dimodifikasi, jadi tahu plethok, yaitu tahu yang salah satu permukannya dibalut aci, kemudian digoreng kering. Ada juga keripik tahu, yang dijual dalam kemasan plastik per kilogram.

Tahu kuning sendiri, produsennya yang cukup besar dan terkenal adalah Tiga Roda milik Tju An Tin, tapi tempat produksinya di kampung, di Pekiringan-Talang, agak kurang terjangkau tempatnya. Ada lagi produsen yang cukup besar dan mampu mengekspor ke daerah lain, yaitu Nata Jaya. Selain di dua tempat tersebut, tahu diproduksi pada home industri di Pesalakan-Adiwerna, yang saat ini sudah cukup berkembang, bahkan sudah membentuk sentra produksi tahu.

Untuk tahu aci, dan tahu olahan lainnya, toko yang cukup terkenal adalah Tahu Murni atau Nata Jaya. Tokonya ada di Tahu Murni Banjaran, sebelah bioskop Adiwerna. Di Tegal ada di Jln. A.R. Hakim, sebelah selatan Plaza Marina, barat jalan, atau di jalan keluar bagian kiri Alun-Alun Tegal, barat jalan.

Selain yang dimiliki Tahu Murni, ada Tahu Randu Alas Slawi Kulon, kalau dari Tegal sebelum Slawi Pos, barat jalan. Ada juga Tahu Subur, di utara pertigaan Sentral Banjaran, barat jalan.

By. Arrie

0 komentar: